Arsiy

Arsiy

Follow

Sabtu, 01 Mei 2010

TANDA-TANDA PENYAKIT KANKER OTAK

Jika kerap sakit kepala dan terkadang disertai dengan muntah-muntah, waspadai gejala tersebut karena bisa jadi Anda terkena penyakit tumor otak yang dapat menyebabkan kanker otak.

Pada kanker otak, terdapat sel-sel tubuh yang tumbuh secara tidak normal. Penyakit ini memang tidak menimpa banyak orang, tetapi dalam penyebarannya, kanker ini sangat menakutkan.

Dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sakit Omni Internasional, Serpong Tangerang, Dr Alfred Sutrisno, Sp BS, mengatakan, terdapat perbedaan antara tumor di otak dengan tumor di tempat lainnya. Pada tumor otak dibatasi dengan tulang kepala sehingga terdapat suatu masa akan menekan jaringan otak, apakah itu darah atau tumor.

“Nah proses penekanan di otak inilah yang akan menyebabkan pasien menderita sakit kepala pada awalnya, dan juga mengalami muntah-muntah yang proyektil. Maksudnya pasien muntah tidak sedang makan,” ujar dokter yang juga berprofesi sebagai konsultan bagian saraf ini.

Dokter yang mengambil gelar untuk dokter umum di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta ini menjelaskan, penyebab timbulnya penyakitini, berdasarkan teori, dapat terjadi karena adanya kelainan genetik, bawaan sejak lahir seperti craniopharyngioma dan lain-lain, virus maupun faktor etnis. Ini pun masih belum dipastikan.

“Gejala dari penyakit ini tergantung dari letak tumor itu berada,” jelasnya. Gejala yang umum dapat ditunjukkan berupa sakit kepala dan muntah-muntah yang proyektil. Kemudian jika mengenai daerah motorik ada gejala kelemahan anggota gerak sampai kelumpuhan, penurunan penglihatan sampai kebutaan, hilangnya keseimbangan, kesemutan, sampai tidak berasa sama sekali, gangguan penciuman, gangguan bicara kalau terkena di area atau pusat bicara, hingga turunnya kesadaran bila yang terkena batang otaknya.

Lebih lanjut dikatakan Alfred, berdasarkan jenisnya penyakit tumor otak ini terbagi menjadi dua, ada tumor jinak: misalnya meningioma, cavernous angioma, astrocytoma grade rendah (1,2), adenoma hipofise, acustic neurinoma, dan tumor ganas glioblastoma.

“Penyakit kanker otak ini sangat identik dengan tumor ganas. Sebenarnya tumor di otak atau di mana pun tumor itu berada, tumor di bagi menjadi dua bagian yaitu tumor ganas atau kanker dan tumor jinak,” tuturnya.

Sedangkan berdasarkan lokasinya dibagi menjadi dua, yaitu tumor supratentorial dan tumor infratentorial. Artinya tumor di atas tentorium atau pada otak besar, dan tumor yang ada di bawah tentorium, yakni otak kecil dan batang otak.

Alfred menuturkan, jenis tumor otak yang paling parah di antaranya adalah glioblatoma (astrocytoma grade 4), dan neuroblastoma. Tapi kalau tumor ini letaknya di otak besar mungkin gejala yang timbul lambat. Nah, jika tumor ini terletak di otak kecil, maka gejalanya akan cepat terlihat.

“Pada tumor jenis glioblastoma, tumor otak lebih sering mengenai otak besar, sedangkan acustic neurinoma akan menyerang saraf pendengaran si penderita, sehingga letaknya di otak kecil,” papar dokter yang juga menjadi pengarang buku yang berjudul Stroke ???You Must Know Before You Get It!!! ini.

Anggota dokter bedah seluruh dunia ini menambahkan, penyakit tumor otak pada prinsipnya dapat disembuhkan. “Dengan catatan, dapat melakukan tindakan operasi dengan mengambil semua jaringan tumor, ecuali yang ganas karena meskipun kita telah mengambil total, nanti akan tumbuh lagi,” tandasnya.

Sejumlah teknik operasi dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Yakni, operasi dengan bedah microsurgery atau endoscopic surgery, radiotherapy: sinar X maupun sinar gamma, atau gamma knife, chemotherapy, dan imunotherapy.

“Jika Anda mengalami gejala-gejala yang sudah disebutkan tadi, maka segera lakukanlah pemeriksaan diri dan dengan melakukan pemeriksaanMRI,” pesan Alfred.

Sementara itu, dokter spesialis kejiwaan dari Rumah Sakit Global Medika Tangerang Dr Andri, SpKJ berpendapat, pasien yang mengalami kanker otak dapat mengalami keadaan depresi, delirium, demensia, ataupun kejang.

“Kanker otak merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti. Kanker atau tumor otak bisa mengenai semua bagian otak tentunya,” jelas psikiater yang juga berpraktik di RS Omni Internasional, Serpong, Tangerang ini.

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menuturkan, perubahan pada daya intelektual juga bisa terjadi pada pasien kanker otak ini. Hanya saja perubahan daya intelektualnya tergantung dari letak tumornya sendiri. Jika terdapat di daerah frontal atau bagian depan otak, di mana banyak terdapat fungsi intelektual dan perasaan, maka bisa mengalami gangguan dalam fungsi intelektual termasuk daya ingat.

Namun, ada juga yang disebabkan karena depresi ataupun dementianya. Tentunya pada keadaan daya ingat yang terganggu akibat tumor, yang pertama kali adalah melakukan upaya pengobatan primer terhadap tumornya tersebut.

“Terkadang ada keterbatasan dalam terapi tumornya sehingga pasien harus menderita lama. Hal ini secara bermakna akan meningkatkan gangguan depresi pada pasien itu,” ucap dokter yang lulus dengan predikat cum laude itu.

Bila pasien mengalami depresi yang pada banyak orang dapat menurunkan fungsi daya ingatnya juga, pengobatan dengan menggunakan obat dan psikoterapi harus dilakukan. Pasalnya, hal tersebut sangat penting demi perbaikan kualitas hidup pasien itu sendiri.”


sumber : http://www.fupei.com/IDForum-viewthread-tid-17083.html

10 komentar:

  1. kepala saya suka pusing. . . .pusing'ya bikin enek d tenggorokan. . . . .tapi ga sering, , , , apa itu termasuk gejala juga?????

    BalasHapus
  2. kepala sy sering pusing,tegang dileher apalagi stelah kena AC, atau kipas angin, trus gigi sy jg sakit disertai gusi bengkak.
    apkah ini akibat dri gigi kekepala atau malah sebaiknya??
    apakh ini termasuk gejala????

    BalasHapus
  3. qw sering bgt ngrasain pcink..
    kdang ska mual jga,aplg klo blm mkan.

    ap it gjala kna pnyakit inni??

    BalasHapus
  4. Lebay,..
    Gue yang kena kangker otak biasa biasa ja tu.
    Ak mlah cpt bs mnyatu dengan tuha/ manunggaling kawula gusti

    BalasHapus
  5. kepala saya juga merasa pusing dan mual pagi hari,apa ini tanda2nya?

    BalasHapus
  6. kepala belakang saya seperti di cucuk- cucuk gitu.
    kalau jalan dan tarik nafas rasanya sakit banget di kepala belakang.
    apa itu gejala nya??

    BalasHapus
  7. mama saya sering sakit kepala, terus dikepalanya kayak ada saraf yang gerak, apa itu salah satu gejalanya ?

    BalasHapus
  8. saya sering sakit kepala .. kadang kala saya kesemutan , kdg kala pagi pagi saya pusing . saya juga kadang kala penglihatan saya kabur . sejak kebelakangna ini saya sering lupa dan sebahagian saya lupa pada masa lalu saya , dulu tak macam ni .. adakah saya menghidapinya .. harap balas

    BalasHapus
  9. temen aku suka mutah darah dan pusing2
    apakah itu kena pnykit kanker otak ya

    BalasHapus
  10. Saya sering pusing klo kena angin dan kadang jg kesemutan tangan pikiran ke mna" dan jga sering lupa apa ini jg termasuk......? Mksih sebelumnya

    BalasHapus