Arsiy

Arsiy

Follow

Rabu, 12 Mei 2010

Manfaat dan Gizi Daun Pisang

Buah pisang bukan sesuatu yang istimewa atau aneh dalam keseharian kita. Setiap orang setidaknya pernah mengonsumsi buah yang bernama Latin Musa sapientum L ini. Kalau di Kota Metropolitan pohon pisang sudah jarang ditemukan, di luar Ibu Kota orang masih bisa menemukannya dengan mudah. Tanaman ini biasa ditemukan di lahan-lahan kosong, atau di halaman rumah.

Walaupun sedemikian akrab dengan pisang, bisa jadi tak banyak orang tahu multimanfaat dari tanaman ini. Buah pisang, misalnya, memiliki kandungan zat gula (karbohidrat) yang lebih tinggi ketimbang yang dikandung oleh buah-buah yang lain. Karena itu, buah pisang bisa menjadi salah satu sumber tenaga yang baik bagi tubuh kita. Manfaat lainnya, buah pisang pun sangat aman dikonsumsi saat perut kita tengah kosong, atau ketika dikonsumsi oleh penderita tukak lambung.

Unsur folat alami yang dikandun buah pisang sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Buah berwarna kekuningan ini mengandung kadar zat besi yang tinggi sehingga sangat bagus bagi penderita anemia karena bisa menunjang proses terapi nutrisi. Bagi penderita sakit perut dan gangguan pencernaan buah pisang menjadi sahabat sangat baik untuk menghadapi sakit tersebut.

Tak hanya buahnya yang bermanfaat bagi manusia. Daun pisang pun ternyata memiliki manfaat yang cukup baik. Selain digunakan sebagai pembungkus makanan, daunnya ternyata bisa digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar. Caranya, bakar daun pisang itu hingga menjadi abu, lalu campurkan abu daun pisang dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada kulit yang terbakar itu. Efeknya mampu mendinginkan kulit yang terbakar sekaligus membuka pembentukan sel kulit baru.

Dari getahnya pun pohon pisang bermanfaat. Getahnya cukup ampuh sebagai obat luka, terutama luka akibat senjata tajam. Selain bisa menghentikan pendarahan, getah pohon pisang dapat mempercepat proses merapatnya bagian yang terkena luka. Dulu sebelum masyarakat mengenal obat merah getah pohon pisah dipakai sebagai obat utama luka-luka. 



sumber : http://www.gizi.net/cgi-bin/berita/fullnews.cgi?newsid1111468094,42872,

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar