Arsiy

Arsiy

Follow

ARSIY

Loading...

Sabtu, 27 Februari 2010

TIPE - TIPE DATA PASCAL

Secara umum, tipe data dalam pemrograman Pascal adalah:
– Tipe data sederhana
Tipe data standard (standard data type)
--> Integer, Real, Boolean, Char, dan String

Tipe data didefinisikan pemakai (user defined data type)
--> subrange dan enumerasi

– Tipe data terstruktur
--> Array, record, set, file

– Tipe data penunjuk
--> Pointer

Tipe Data Sederhana

Disebut juga dengan tipe data skalar, yang bisa diartikan bahwa dalam sebuah perubah hanya dimungkinkan untuk menyimpan sebuah nilai data. Tipe data sederhana terbagi dua yaitu, tipe ordinal dan tipe real.

1. Tipe ordinal adalah subset dari tipe sederhana. Semua tipe sederhana disebut tipe ordinal kecuali real. Karakteristik tipe data ordinal adalah :
  • Semua kemungkinan nilai dari sutu tipe ordinal merupakan himpunan berurutan (ordered set), dan setiap nilai berkaitan dengan ordinalitasnya, yaitu nilai integral. Dalam semua tipe, kecuali tipe integer, nilai pertama mempunyai ordinalitas 0, yang berikutnya 1 dan seterusnya. Ordinalitas dari tipe integer adalah nilai integer itu sendiri. Dalam hal ini semua nilai, kecuali yang pertama, mempunyai nilai pendahulu atau predesesor, dan semua nilai kecuali yang terakhir mempunyai suksesor.
  • Fungsi standard ord dapat diterapkan pada sembarangan tipe ordinal untuk mengetahui ordinalitasnya.
  • Fungsi standard pred dapat diterapkan untuk mengetahui predesesornya. Jika fungsi ini diterapkan pada nilai pertama, akan menyebabkan kesalahan.
  • Fungsi standard succ dapat diterapkan untuk mengetahui suksesornya. Jika fungsi ini diterapkan pada nilai terakhir akan menyebabkan kesalahan.
2. Konstanta bertipe real adalah bilangan yang berisi titik desimal. Dalam pascal paling sedikit harus ada satu digit sebelum dan sesudah titik desimal. Tidak boleh ada koma dan nilainya bisa positif atau negatif. Bilangan riil juga bisa dinyatakan dalam bentuk eksponensial. Dalam pemakaiannya pangkat dari bilangan dasar 10 (yang digunakan untuk menunjukkan eksponensial) dinyatakan dengan notasi E. Jika dinyatakan dalam notasi Eksponensial, maka bilangan :
0.00017543 adalah 1.7543E-4

Dalam Turbo Pascal terdapat lima macam tipe riil, yaitu : real, single, double, extended dan comp. Tipe single, double, extended dan comp hanya bisa digunakan jika komputer anda dilengkapi dengan koprosesor numeris 80x87.Tipe comp hanya bisa menyimpan nilai bulat (whole value) yang mempunyai batasan -263 + 1 sampai 263 – 1. Operator yang dapat dioperasikan pada data tipe riil tersaji dalam tabel 2. Perhatikan bahwa operator pembagian untuk data integer (div) dan untuk real (/) akan memberikan hasil berbeda. Operator / dapat digunakan baik untuk data integer atau untuk data real, yang hasilnya berupa data real.

Bilangan-bilangan riil banyak digunakan dalam perhitungan-perhitungan matematika, sains dan rekayasa dimana derajat ketelitian kadang-kadang sangat diperhatikan. Beberapa kesalahan mungkin akan terjadi sehubungan dengan pemakaian bilangan riil karena bilangan riil biasanya dinyatakan dalam notasi saintifik yang mempunyai cacah digit yang tetap. Beberapa bilangan memerlukan cacah digit yang tak terhingga. Sebagai
contoh, pecahan 1/3 yang jika dinyatakan dalam bilangan riil. Akan mempunyai bentuk 0.3333333….

Tipe String

Data yang bertipe string adalah data yang berisi sederetan karakter yang banyaknya karakter bisa berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan, yaitu dari 1 sampai 255 karakter. Tipe string yang tidak dinyatakan panjang karakternya dianggap mempunyai 255 karakter. 

Tipe Terstruktur

Dalam tipe terstruktur setiap perubah bisa menyimpan lebih dari sebuah nilai data. Masing-masing nilai data tersebut disebut dengan komponen. Tipe terstruktur karakteristiknya ditentukan berdasar cara penstrukturan dan tipe masing-masing komponen. Jika komponennya juga bertipe terstruktur, tipe terstruktur yang dihasilkan mempunyai lebih dari sebuah tingkat penstrukturan. Tingkat penstrukturan bisa tak terbatas. Ukuran tipe terstruktur dalam Turbo Pascal maksimum 65520 byte.

Tipe Pointer

Semua tipe data yang disebutkan di atas, apabila digunakan untuk mendeklarasikan suatu perubah, maka sifat perubah tersebut adalah perubah yang statis. Pascal dilengkapi fasilitas yang memungkinkan pemakai untuk menggunakan perubah yang sifatnya dinamis, yang disebut dengan pointer.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar